BERITA

Sektor Pariwisata Kabupaten Sumbawa Diupayakan Terus Berkembang

Rabu, 16 September 2020   Admin   9  

Potensi pariwisata di Kabupaten Sumbawa tidak kalah dengan daerah lain yang ada di Indonesia. Hanya saja, perlu pengembangan yang lebih agar tingkat kunjungan wisatawan lebih banyak. Sehingga hal itu yang terus diupayakan oleh para pelaku pariwisata yang ada di daerah bersama Pemerintah.

Seperti yang disampaikan Ketua DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sumbawa, Takwa Sajidin pada Kegiatan Temu Pelaku Usaha Pariwisata. Menurutnya,  meningkatkan sektor pariwisata dimasa pandemi covid-19 saat in tidak begitu mudah. Ditambah lagi beberapa kendala yang sudah cukup lama terjadi, salah satunya akses jalan menuju lokasi wisata."Bicara pariwisata, yang terlintas dalam teman-teman pelaku pariwisata itu bagaimana kita meningkatkan penjualan. Itu tidak mudah, apalagi situasi pandemi yang sudah berjalan sekitar delapan bulan. Kemudia dengan berbagai masalah yang ada di sektor pariwisata kita, itu juga menjadi kendala para pelaku usaha wisata untuk mengembangkan pariwisata di daerah kita," tuturnya.

Dilanjutkan, masih banyak akses jalan yang rusak menuju beberapa lokasi wisata yang ada. Hal itu perlu mendapat perhatian segera dari pemerintah. Selain itu, Kabupaten Sumbawa belum memiliki dermaga pariwisata dalam menunjang tingkat kunjungan wisatawan ke dalam daerah. "Ada beberapa atraksi wisata kita yang sepatutnya wah, itu sudah bertaraf internasional. Kita punya potensi, tinggal bagaimana kita kembangkan potensi itu, sehingga bisa mendatangkan wisatawan dan menambah PAD,"ujarnya.

Dalam memperkenalkan pariwisata di Kabupaten Sumbawa, diperlukan juga SDM yang mumpuni. Untuk itu, pihaknya melakukan lobi DPD HPI untuk segera membentuk DPC HPI di Kabupaten Sumbawa, agar bisa berbenah diri dan bisa mengembangkan SDM di daerah.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa, Rosmin Junaidi mengakui cukup banyak kendala yang dihadapi dalam sektor pariwisata, baik itu transportasi, infrastruktur jalan juga keamanan. Dimana keamanan ini menurutnya hal yang sangat penting dalam menjalankan sektor pariwisata. Dirinya berharap kegiatan tersebut dapat mendukung berkembangnya sektor lain, tentunya yang mendukung sektor pariwisata. Dan bagi semua pelaku pariwisata  dapat bersinergi, bersama-sama untuk mengembangkan pariwisata Sumbawa ke arah yang lebih baik.

Sumber : Tribun Sumbawa

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Pelatihan Kepariwisataan

    Pelatihan Kepariwisataan di Tiga Lokasi

    Pokdarwis dan Pramuwisata Bakal Dilatih

    Pokdarwis dan Pramuwisata Bakal Dilatih di Tiga Lokasi Pelatihan

  • Berita Populer
  • Kamis, 25 Juli 2019

    Air Terjun Ai Beling

  • Jumat, 30 Agustus 2019

    LOMBA KREATIFITAS PEMUDA

  • Selasa, 07 Mei 2019

    Destinasi Wisata Alam