BERITA

Pelatihan Kepariwisataan

Rabu, 19 Agustus 2020   Admin   41  

Dispopar, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa menyelenggarakan 3 agenda kegiatan Pelatihan Kepariwisataan di bulan Agustus ini. Kegiatan tersebut adalaha kegiatan Pelatihan Manajemen Homestay, Pelatihan Surfing, dan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Destinasi Pariwisata Kab. Sumbawa. Lokasi pelatihan ini di Labuan Aji, Desa Perung Lunyuk, dan di Pantai Kuang Dingin, Sumber Sari Lunyuk.

Kegiatan pelatihan manajemen homestay dilaksanakan dari tanggal 11-14 Agustus 2020 dari jam delapan pagi sampai jam empat sore. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Labuan Aji Kecamatan Lab. Badas yang diikuti sekitar 50 peserta  yang berasal dari kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Sumbawa. 

Maksud dan tujuan dari dari Kegiatan Pelatihan Manajemen Homestay di Kabupaten Sumbawa ini adalah sangat penting dalam rangka peningkatan kapasitas SDM pariwisata, karena lewat pelatihan ini pelaku industri pariwisata diajak untuk memiliki kompetensi dasar pelayanan prima. Selain itu juga untuk mendukung dan meningkatkan kualitas destinasi pariwisata dan daya saing kepariwisataan daerah. Serta bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas masyarakat lokal, serta perluasan kerja dibidang pariwisata khususnya homestay.

Pelatihan Surfing dilaksanakan dilaksanakan di Pantai Kuang Dingin, Sumber Sari Lunyuk dari tanggal 14-17 Agustus 2020 dengan jumlah peserta 30 orang dari kelompok pokdarwis yang memiliki kompetensi surfing. Instruktur dari Pelatihan Surfing ini didatangkan dari Lombok. Pelatihan surfing ini bertujuan untuk agar para pemandu selancar bisa mengetahui tata cara bermain surfing dengan baik dan aman. Diambilnya Pantai Kuang Dingin, Sumber Sari Lunyuk sebagai lokasi pelatihan karena pantai ini dianggap telah memenuhi standar selancar dan juga berpotensi untuk menjadi destinasi wisata surfing.

Dan selanjutnya adalah Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata yang diselenggarakan di Desa Perung Kecamatan Lunyuk dengan jumlah peserta 50 orang yang berasal dari Kabupaten Sumbawa dan didominasi oleh Pokdakwis Desa Perung Kecamatan Lunyuk. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 15-17 Agustus 2020 berupa teori dengan disi  instruktur dari Jakarta, Bali, dan Bandung.

Dengan pelatihan ini peserta dapat mengerti/memahami cara mengelola destinasi yang baik, cara melayani tamu, cara menginformasikan paket wisata, dan tekhnik menyusun program-program wisata. Dengan pelatihan ini juga dapat memperbaiki kualitas pelayanan kepariwisataan dan diharapkan bisa membawa perubahan pada wajah destinasi dengan menerapakan dan mengaplikasikannya melalui peran kelompok masyarakat sebagai ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan pengunjung/wisatawan.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Pokdarwis dan Pramuwisata Bakal Dilatih

    Pokdarwis dan Pramuwisata Bakal Dilatih di Tiga Lokasi Pelatihan

  • Berita Populer
  • Kamis, 25 Juli 2019

    Air Terjun Ai Beling

  • Jumat, 30 Agustus 2019

    LOMBA KREATIFITAS PEMUDA

  • Selasa, 07 Mei 2019

    Destinasi Wisata Alam