BERITA

Air Terjun Ai Beling

Kamis, 25 Juli 2019   Admin   879  

Kuangmo Sempe merupakan sebuah Desa yang berada di Kecamatan Lenang guar, Sumbawa NTB. Desa ini terletak di sebuah bukit hijau yang berjarak Berjarak sekitar 30 km dari kota Sumbawa Besar atau 6 km dari desa Brang rea. Untuk menuju tempat ini harus melalui jalan raya yang menuju selatan Semamung dan selanjutnya ke Brang rea. Jalan masuk ke air terjun ini sepanjang enam kilometer, meskipun jalan menuju ke Air Terjun Ai Beling ini menanjak tajam, tetapi pengunjung tidak oerlu khawatir karena jalanan sudah teraspal.

Pemandangan indah di sepanjang perjalanan siap menghipnotis mata anda. Hawa sejuk yang menyelimuti kuangmo yang disebabkan karena letaknya berada di daerah perbukitan ini, ternyata menambah daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Walaupun jalan menanjak dan berliku-liku yang harus ditempuh untuk dapat melihat keindahan Ai Beling, para wisatawan tak pantang menyerah karena mereka akan terbawa suasana pegunungan yang masih sangat alami. Sesampainya di lokasi air terjun perjalanan para wisatawan akan dibuat takjub dengan ciptaan Tuhan yang begitu indah, yaitu Air Terjun Ai Beling. Keindahan air terjun ini membuat mata tak ingin cepat menoleh karena pemandangan nya yang begitu mempesona. Kebanyakan air terjun di Sumbawa terletak di tebing yang terjal dengan aliran air yang tegak, tapi berbeda sekali dengan ai beling yang berada di dataran tanah yang miring dan aliran air yang mengalir lewat celah batuan membuat semua orang ingin selalu berada di air terjun yang satu ini.

Mengapa air terjun yang satu ini dinamakan ai beling atau yang berarti “air yang berbicara”? Nama ai beling dimulai dari cerita putri raja Sumbawa pada zaman dahulu  kabur dari rumahnya karena di jodoh kan oleh san Raja dengan laki-laki yang tidak dicintainya. Lalu dia lari ke sebuah sungai dekat istana. Dia menangis dan menangis dalam waktu yang lama di sungai tersebut dan memutuskan untuk bunuh diri di air terjun tersebut. Dan pada akhirnya sang sang putri mati setelah melompat ke aliran air. Dan Suatu hari ketika beberapa orang menggunakan sungai tersebut untuk mandi dan mencuci mereka seperti mendengar suara perempuan menangis, suaranya sangat jernih dan kejadian yang sama pun terulang hingga berkali-kali. Karena sering mendengar suara suara itu makanya warga setempat memberinya nama Ai Beling yang artinya air yang berbicara. Sangat menarik bukan? Bagi kamu para pencinta travelling wajib untuk datang ke air terjun yang satu ini, karena pasti akan terpesona oleh keindahan Ai Beling dan membuat kita semua menghabiskan waktu luang dengan mencoba travelling ke air terjun yang satu ini. Selamat berkunjung ke Desa Sempe, Kabupaten Sumbawa, NTB

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Pelatihan Kepariwisataan

    Pelatihan Kepariwisataan di Tiga Lokasi

  • Berita Populer
  • Jumat, 30 Agustus 2019

    LOMBA KREATIFITAS PEMUDA

  • Selasa, 07 Mei 2019

    Destinasi Wisata Alam

  • Minggu, 01 September 2019

    LIGAPORA OPUD 2019 di KAB. SUMBAWA