BERITA

Destinasi Wisata Alam

Selasa, 07 Mei 2019   Admin   229  

Agal adalah salah satu diantara sekian banyak pegunungan yang menyimpan potensi yang luar biasa di Kabupaten Sumbawa. Terdapat di Kecamatan Alas, kurang lebih 70 kilometer dari Kota Sumbawa Besar atau 23 kilometer dari Pelabuhan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat.
Gunung Agal termasuk salah satu kawasan gunung terindah yang ada di Kabupaten Sumbawa, berdriri kokoh sejajar dengan gunung indah lainnya seperti Seketok dan Sebra.
Gunung ini termasuk kawasan hutan lindung, dan menjadi sumber mata air bagi beberapa desa yang ada disekitarnya, seperti desa Marente yang berjarak kurang lebih 6 kilometer dari ibukota Kecamatan Alas. Ini adalah desa terdekat untuk menuju kawasan gunung Agal. 
Hutan rimba yang tak terjamah membuat gunung Agal tampak biru jika dilihat dari kejauhan, hanya beberapa pencari Madu Sumbawa, atau pemburu tradisional yang sering memasuki kawasan tersebut.
Tapi siapa mengira bahwa Agal ternyata menyimpan permata indah, serpihan surga, daya tarik yang luar biasa. 2 Jam berjalan kaki mendaki punggungnya, menembus hutannya yang hijau dan selalu tampak basah, kami menemukan Air terjun yang menakjubkan. Air putih yang mengalir dari sungai diatasnya membelah puncaknya menjadi dua bagian, sangat curam dan vertikal, menghempas batuan batuan besar lalu mengaliri sungai di lembahnya.

Ada 10 tingkat air terjun yang kami temukan, mulai dari ketinggian 3 meter hingga 10 meter, 7 tingkat pertama adalah air terjun kecil yang tampak seperti tangga tangga putih, kemudian 3 tingkat terakhir lebih tinggi dan terlihat lebih indah. Jika di taksir dari tingkatan terbawah, air terjun Agal memiliki ketinggian kurang lebih 300m.
Untuk menuju ke tempat yang lebih tinggi dan mendapatkan sudut terbaik untuk mengabadikan keindahannya air terjun ini, anda harus melewati jalur hutan yang sedikit menantang kurang lebih selama 15 menit. Dari sana anda bisa melihat dengan jelas air putih yang terjun dari ketinggian. Jika anda mendongak dan memandang puncaknya, leher anda cukup terasa pegal.

Disetiap tingkatnya ada kolam kolam alam pegunungan yang bening dan menyejukkan, sungguh sajian alam yang indah untuk memanjakan diri.

Air Terjun Agal hanyalah satu diantara sekian banyak air terjun indah tak terjamah yang ada di Kabupaten Sumbawa, Kepuasan batin dalam memenuhi selera berkelana anda tersimpan alami disana.
Air Terjun Agal adalah awal dari semua cerita menarik tentang potensi potensi tak dikenal yang ada dikawasan Gunung yang di duga sebakai bekas Gunung Api Purba di pulau Sumbawa. Atmosfer keterasingan akan membuat anda merasakan ketakjuban yang luar biasa.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Pelatihan Kepariwisataan

    Pelatihan Kepariwisataan di Tiga Lokasi

  • Berita Populer
  • Kamis, 25 Juli 2019

    Air Terjun Ai Beling

  • Jumat, 30 Agustus 2019

    LOMBA KREATIFITAS PEMUDA

  • Minggu, 01 September 2019

    LIGAPORA OPUD 2019 di KAB. SUMBAWA